Seperti Apa Kekentalan Tinta Sablon Rubber yang Baik?

Menanggapi pertanyaan seperti pada judul di atas kadang kala ada pertanyaan bagi para pemula sablon tentang "Seperti apa kekentalan tinta sablon rubber yang baik?"

Di pasaran tentu terdapat banyak tinta dengan merk yang beragam dan mempunyai keunggulan masing-masing, pada kesempatan kali ini sablon.gadingkaos.com tidak membahas tentang keunggulan dari tiap-tiap merk tinta sablon akan tetapi lebih kepada kekentalan tinta sablon yang akan dipakai.

Kekentalan tinta sangat berpengaruh pada hasil cetak sablon, tinta yang terlalu kental membuat tinta sulit melewati pori-pori screen sehingga lebih mudah tersumbat apalagi saat mencetak sablon dalam jumlah banyak, sedangkan tinta yang terlalu encer bisa menyebabkan tinta melebar (jawa: mbleber) diluar gambar desain, jadi tinta yang baik adalah tinta dengan tekstur creamy. lebih jelasnya diperlihatkan pada gambar berikut.

Gambaran kekentalan tinta sablon yang baik

Saat membeli tinta sablon misalkan tinta jenis rubber untuk sablon kaos umumnya rubber dalam keadaan kental, untuk mengencerkan campurkan dengan cairan binder pengencer hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Teori ini sifatnya tidak baku, ada banyak faktor perlu dipertimbangkan dalam sebuah kegiatan produksi sablon, adakalanya dibutuhkan tinta yang kental, adakalanya juga dibutuhkan tinta yang encer. Hal-hal yang bisa mempengaruhi ini misalnya tingkat kerapatan screen, detail desain, ketebalan sablon, dan lain sebagainya. 

Dengan pengalaman yang cukup kita dapat menentukan seperti apa kebutuhan tinta sablon rubber yang akan kita gunakan.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Bambang Santoso (Gading Kaos)
Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tinta Sablon