Mengenal Karakter dan Jenis-jenis Tinta Rubber pada Sablon

Tinta Rubber atau karet merupakan salah satu tinta yang digunakan pada sablon kaos, tinta rubber jenis yang banyak dipakai adalah waterbase atau larut dalam air. Terdapat banyak merk tinta rubber yang ada di pasaran seperti Matsui, Ant-Ink, LA, GK, dan lain sebagainya, umumnya tiap merk mengeluarkan 3 jenis yaitu putih, netral dan transparan.

1. Tinta Rubber Putih atau White
Seperti namanya rubber white atau putih, tinta ini mempunyai warna putih siap pakai yang digunakan untuk sablonan pada warna putih tanpa ditambah pigmen atau pewarna. Cocok untuk menyablon pada kain gelap atau sebagai dasaran untuk warna lain. Rubber white juga biasa digunakan untuk menghasilkan warna-warna muda dengan mencampurnya dengan pewarna atau pigmen.

2. Tinta Rubber Netral 
Rubber netral (menurut analisa penulis) merupakan perpaduan antara rubber transparan dan sedikit rubber white, komposisinya antara 80:20 atau mungkin berbeda-beda pada tiap-tiap merk. Rubber netral dicampur dengan pewarna untuk menghasilkan warna sesuai yang diinginkan baik warna terang maupun warna gelap. Cocok untuk menyablon kain warna terang maupun gelap.

3. Tinta Rubber Clear atau Transparan 
Rubber transparan merupakan rubber yang mempunyai karakter transparan, cocok untuk digunakan pada sablon sparasi (CMYK). Rubber transparan dicampur pewarna bagus untuk menyablon kain warna putih, akan tetapi untuk menyablon pada kain warna gelap baiknya kain diberi dasaran sablon putih agak warna sablon maksimal. Rubber transparan juga dapat digunakan untuk membuat kaos Glow in The Dark dengan mencampurnya dengan fosfor.

Pabrikan rubber dengan merk masing-masing umumnya mengeluarkan tiga jenis rubber di atas, sehingga dengan mengenal karakter tiap jenis rubber seperti yang telah dijelaskan di atas kita dapat memperoleh rubber sesuai kebutuhan sablon.

Semoga bermanfaat..

Oleh: Bams (Gading Kaos (GK) Klaten)
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Alat dan Bahan