Bagaimana Agar Tinta Sablon Kaos Tidak Tembus


Berkunjung ke salah satu group sablon di FB dengan nama Kaos Sablon Solo, terdapat salah satu pertanyaan dari anggota tentang bagaimana agar tinta sablon tidak tembus saat menyablon pada bahan katun combed 40s sebagaimana pertanyaan yang dilontarkan oleh Kedhep Cloth. Dari pertanyaan tersebut terdapat satu jawaban yang sekiranya pantas diabadikan oleh Sablon Info, yaitu jawaban dari Ppcp IndoPrint, berikut kutipannya.

Kedthep Cloth: 
badhe nyuwun tanglet; 
kula nyablon kaos combed 40s ngagem tinta sw, pripun ngih supoyo sablone mboten tembus??

Ppcp IndoPrint: 
Sablon tembus terjadi karena banyak faktor bro, apa lagi di kain 40s. Faktor yang pertama biasanya masalah tekanan gesut, tekanan saat menyablon dengan menggunakan tinta sw agak dikurangi jangan seperti menyablon dengan tinta rubber atau plastisol karena tekstur tinta sw lebih encer dari pada rubber atau plastisol. Di tempat saya biasa nya menggunakan teknik gesut flood stroke-clean stroke-dry stroke, dry yang berulang ulang juga akan menyebabkan tembus bro. Gunakan rakel kotak dengan kekerasan kurang lebih 75. Masih banyak faktor faktor yang lain dan si bro dapat mencari di internet atau sharing dengan artis sablon di daerah si bro yang lebih berpengalaman.

Sunoko Noko: 
Menambahkan komennya mas Ppcp IndoPrint..., tembus bs jg terjadi krn tatakan yg ndak rata, aplg sampai pkai rakel sambung

Dari tanya jawab di atas berikut yang dapat disimpulkan oleh Sablon Info,
Kain Katun Combed 40s merupakan jenis kain yang cukup sangat tipis, jika jenis kain 30s saja sudah dikenal tipis maka 40s ini lebih tipis lagi. Dengan karakter kain demikian maka saat disablon maka tinta akan rentan tembus, apalagi menggunakan tinja SW (Super White) yang mempunyai tekstur lebih encer dari tinta rubber.

Sebagaimana dijelaskan Ppcp IndoPrint untuk mengurangi tembus yaitu dengan mengurangi tekanan gesut saat menyablon, serta salah satu cara dengan menggunakan rakel kotak. Dan informasi penting lainnya ditambahkan oleh Sunoko Noko tentang penggunaan tatakan yang tidak rata juga menjadi salah satu penyebab tinta sablon tembus.

Dari kutipan dan sedikit kesimpulan di atas semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih. www.sablon.info




Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Tanya Jawab