Berbagi Pengalaman Merintis Usaha Sablon Kaos

Usaha sablon kaos merupakan sebuah usaha yang membutuhkan pengetahuan dan skill di bidang sablon. Bagi seorang pemula seperti dulu yang saya alami umumnya yang banyak dipertanyakan adalah bagaimana dan darimana memulai. Nah, sebelum dibahas lebih terperinci kunci pertama keberhasilan sebuah usaha berdasarkan pengalaman saya adalah bidang usaha yang disukai.

Apapun usahanya asalkan bidang yang disukai dan didukung dengan semangat dan kerja keras Insya Allah akan baik hasilnya. 

Kembali ke pembahasan Bagi Pengalaman Merintis Usaha Sablon Kaos, awalnya dulu saya membaca-baca seputar sablon baik dari buku, browsing di internet dan lain sebagainya. Setelah mendapat informasi dasar sablon saya mencoba sendiri, hasilnya... berkali-kali gagal hanya untuk membuat afdruk screen sablon, berkali-kali saya coba sesuai dengan petunjuk yang saya baca, tapi tetap belum berhasil...

Nah disitu saya merasa informasi dari membaca saja belumlah cukup, saya coba cari info lain seperti dari video youtube, saya coba masih belum berhasil juga untuk membuat afdruk screen. Informasi masih kurang... saya coba cari tempat kursus sablon di kota tempat tinggal saya, tp belum ketemu, ada tempat kursus di luar kota tp belum memungkinkan kalau harus mengikuti kursus tersebut. Beruntung yang bisa mengikuti kursus sablon karena akan lebih cepat dan materi yang didapat lebih lengkap. 

Saya tidak putus asa dengan mencari informasi industri sablon di tempat saya tinggal yaitu Klaten, saya belum punya teman yang menggeluti sablon tapi Alhamdulillah ada teman yang tetangganya mempunyai usaha sablon kaos. Mas Yudi namanya yang memperkenalkan saya kepada mas Agus pemilik Freedom Cloth di Wedi Klaten yang merupakan bagian dari Kampung Sablon, awalnya saya menanyakan untuk kursus tapi oleh mas Yudi dan mas Agus malah dipersilahkan belajar gratissssss..... Wah, saya senang sekali, hehehe.... (Salut dan terima kasih buat temen-temen Kampung Sablon di Wedi Klaten). 

Sehari saya di workshop sablon mas Agus dan memperhatikan cara mas Agus melakukan aktifitas sablon sambil bertanya-tanya. Nah dari mas Agus saya mendapatkan tips dan trik yang sangat bermanfaat. Apa yang disampaikan mas Agus dapat saya tangkap dengan baik dikarenakan saya telah banyak membaca-baca di internet, secara teori saya paham (dari membaca) tapi secara paktek saat itu masih nol.

Sepulang dari workshop sablon mas Agus di Wedi, Klaten saya langsung mencoba... dan hasilnya luar biasa, saya dapat membuat afdruk screen dengan baik hasilnya, wow... saya sangat senang sekali... Saya terus mencoba dan belajar, semakin lama semakin paham karakter alat dan bahan sablon.

Alhamdulillah sekarang saya sudah mempunyai usaha sablon kaos yang saya beri nama Gading Kaos (GK) Klaten. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada mas Yudi, Mas Agus, teman-teman Kampung Sablon dan semua yang mensupport saya. 

Foto tahun 2013
Membuka usaha sablon kaos dengan peralatan seadanya

Foto tahun 2015
Alhamdulillah orderan berdatangan

Buat teman-teman yang ingin membuka usaha, saran dari saya banyaklah membaca terlebih dahulu seputar usaha yang mau digeluti (untuk informasi sablon bisa baca-baca di Sablon Info sebagai referensi), cari orang yang berkompeten misalnya dengan ikut kursus, main ke workshop usaha teman, dll. Semoga bermanfaat. 

Bambang Santoso (Gading Kaos)
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Bagi Pengalaman,Inspirasi